Berendam Di Puncak Darajat Garut, Mini Waterboom Air Panas Dengan Pemandangan Gunung

Long weekend awal April kemarin, saya mengajak temen-temen untuk berendem air panas, yang merupakan ritual rutin kami. Biasanya tanpa pikir panjang kami berangkat ke Sari Ater, Lembang, dan berendem malam lanjut makan di ayam brebes yang berjejer sepanjang perjalanan. Tapi kemaren saya ngide untuk nyari tempat berendem yang ga cuma berendem dan munculah tulisan ini, yang bikin mupeng pengen kesana. Ternyata sekarang sudah ada alternatif berendem di Garut selain Cipanas, dan dapet pemandangan pegunungan pula.

Singkat cerita terkumpul-lah 5 pemuda, minus 1 dari rencana karena ybs mengaku ketiduran. Pemandian puncak darajat ini terletak diantara kaki Gunung Guntur dan Gunung Papandayan Garut, dan ternyata sudah ter-record di google maps sehingga mempermudah perjalanan kami. Dan gaulnya, ternyata udah ada websitenya loh http://www.puncakdarajat.com (yang mana saya baru tau waktu bikin tulisan ini).

Jalan Ke Puncak DarajatKarena menurut gmaps perjalanan bisa ditempuh selama sekitar 2 jam, kami berangkat dari Terminal Cicaheum jam 7,agar dapat tiba di tempat sekitar jam 10 untuk menghindari kolam berubah menjadi cendol. Perjalanan dari Bandung ke Garut Sabtu pagi hari itu sangat lancar, kami sudah sampai di Kecamatan Leles, Garut jam 9 kurang untuk berhenti untuk sarapan dan jajan. Akhirnya kami tiba di Puncak Darajat jam 11 ketika itu cuaca cukup dingin karena hujan gerimis. Oiya jangan tertukar dengan tempat pemandian air panas yang lain, karena di sepanjang Jalan Puncak Darajat ini terdapat banyak kolam air panas, mulai dari yang abal-abal sampai yang bagus. Kolam Puncak Darajat sendiri terletak di puncak sepertinya, bukan puncak sih, pokoknya yang paling jauh. Dan jangan khawatir soal tempat parkir karena puncak darajat menyediakan lahan parkir yang cukup luas dan ada 2 spot, diatas dan di bawah. Kami parkir di parkiran bawah yang masih kosong karena diatas sudah penuh.

Puncak Darajat Garut (2)

Ada Darajat Pass juga, jangan sampai tertukar

Untuk masuk sini kita harus membeli tiket seharga 25 ribu, include satu kaleng minuman ringan sponsor. Cukup murah sih, dibanding Sari Ater yang terakhir kesana saja 40an ribu tiketnya, tempatnya sempit pula. Hanya saja saya agak kecewa dengan air kolamnya yang ga seperti di gambar diatas. Mungkin kami harusnya pergi di weekday saat kolam baru dikuras kali ya, biar airnya bersih.

kolam tingkat 1

Puncak Darajat Garut (6)

Puncak Darajat Garut (15) Puncak Darajat Garut (1) Puncak Darajat Garut (3)

Kebanyakan foto-foto yang saya post diambil jam 1 ketika pulang. Sedangkan waktu kami dateng, kolamnya enak masih sepi. Kolam puncak darajat ini terdiri dari 4 tingkat, jadi luas totalnya juga cukup sih untuk menampung lebih dari 100 orang. Foto diatas adalah kolam tingkat 1, yang pertama terlihat dari pintu utama pemandian. Ada 2 seluncuran di kolam tingkat 1 yang mana tidak kami coba sama sekali karena airnya panas banget.

Kolam tingkat 2

Puncak Darajat Garut (11)

Di kolam di tingkat 2 (bawahnya tingkat 1) ini airnya hangat, dan terdapat beberapa seluncuran dan ember raksasa. Kolam tingkat 2 ini cocok untuk anak-anak sih. Tapi hati-hati kalo mau main di ember raksasa, karena airnya lebih panas dari air kolamnya -_-

Kolam tingkat 3 Puncak Darajat Garut (10) Puncak Darajat Garut (5) Puncak Darajat Garut (4)Kolam di tingkat 3 ini paling pas buat santai-santai. Ada tempat duduk tribun untuk nyimpen barang, suhu airnya juga yang paling pas. Tapi airnya tetep ijo, beda sama gambar paling atas (kolam tingkat 3 juga). Di tingkat 3 ini ada warung yang jual makanan dan kentang, dan jangan khawatir, harganya murah ! kentang twister kalo ga salah di bawah 10 ribu, masih lebih mahalan culinary night di Bandung. Kolam tingkat 3 juga cukup luas untuk foto-foto 😀

Puncak Darajat Garut (8) Puncak Darajat Garut (7)

Kolam tingkat 4

Saya lupa mengambil foto kolam tingkat 4, jadi nyomot dari tempat lain ya 🙂

Source : Kompasiana

Dari foto selfie kami diatas, terlihat kalau di tingkat 4, (kolam paling bawah) ini ada 2 seluncuran panjang. Kolamnya berbentuk L dan juga merupakan kolam paling luas, ada air mancurnya pula. Palingan 1 foto di bawah ini saya ambil di tangga seluncuran kolam tingkat 4 (keliatan pemandangannya).

Puncak Darajat Garut (9)Oya ada satu video kita main seluncuran hehehe

Kesimpulan :

  • Overall, tempat ini cukup recommended buat yang suka berendem air panas, ga alergi dingin, dan ga alergi sulfur. Dekat dari Garut, paling cuma setengah sampai sejam.
  • Harga tiketnya murah. Harga makanan di kantin kecil dan restoran di dalem pun murah.
  • Banyak saung-saung untuk nyimpen barang.
  • Buat kamu yang mau menginap, Puncak Darajat juga menyediakan kamar/bungalo yang harganya juga sangat terjangkau + gratis kolam.
  • Oya ada satu kekurangan dari tempat ini yaitu tempat mandi/bilas + wc. Tempatnya kecil, jelek, dan AIRNYA PANAS. Akhirnya saya cuci muka dengan air mineral botol saking ga kuatnya muka kepanasan. Satu kekurangan lain yaitu airnya yang kotor bisa dihindari sih kalo kamu datang di saat yang tepat, waktu airnya selesai dikuras, entah hari apa dan entah berapa hari sekali.

BONUS foto orang ganteng

DSC_0330

Advertisements

2 responses to “Berendam Di Puncak Darajat Garut, Mini Waterboom Air Panas Dengan Pemandangan Gunung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s