Membuat PCB Sendiri !

Sekitar 2 minggu yang lalu, untuk mengisi waktu sangat luang, saya iseng-iseng bersama teman membuat proyek kecil yaitu lampu yang dapat dikendalikan warnanya dari jauh. Teman saya terinspirasi dari sebuah project di kickstarter :

Wah menarik, sebab saya sendiri sudah sejak lama ingin menyulap pencahayaan di kamar saya jadi seperti di video yang dibawah ini

Singkat cerita, demo alat ini sudah selesai saya kerjakan menggunakan sismin ATMega16 dan komunikasi wireless memanfaatkan bluetooth pada android. Namun karena ATMega16 kegedean, saya ingin pakai ATMega8 yang jauh lebih kecil dan tidak terlalu overspec untuk proyek ini. Masalahnya adalah saya tidak punya sismin atmega8 sehingga harus memakai breadboard yang dilengkapi dengan pin header untuk downloader USB ASP, repot. Selesai percobaan menggunakan breadboard, saya iseng cari video di youtube cara membuat PCB yang homemade. Setelah saya pikir-pikir, saya ingin mencobanya deh, bahan-bahannya juga tidak terlalu sulit didapat. Keesokan hari saya ke Jaya Plaza untuk beli alat dan bahan sebagai berikut :

  1. PCB kosong – Rp 5000
  2. Kertas transfer PCB – Rp 15000 isi 3 lembar (tidak wajib, dan harga ini kemahalan)
  3. Bubuk FeCl3 – Rp 6000/0.25 kg  (ini belinya di toko kimia; seger chemical, sederetan kosambi, jalan A.Yani)
  4. Snowman permanent marker

Alat & bahan lain yang diperlukan dan sudah ada di rumah :

  1. Kotak plastik (untuk wadah larutan FeCl3)
  2. Setrika listrik
  3. Sabut cuci stainless
  4. Gergaji penggaris (gergaji paralon/besi)
  5. Abrasive paper alias ampelas

Sebelum memulai langkahnya, mungkin ilustrasi ini bisa diperhatikan sebagai konsep pembuatan PCB dengan Toner Method

Make PCB toner method

Jadi intinya adalah menghilangkan lapisan tembaga yang tidak akan digunakan sebagai jalur sirkuit. Untuk menghilangkan tembaga tersebut dapat menggunakan larutan FeCl3. Untuk lapisan tembaga yang ingin dipertahankan sebagai jalur, maka dilapisi dulu dengan toner (tinta laser) karena toner ini tahan FeCl3.

Percobaan pun dilakukan. Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut :

1. Design and print

Desain sirkuit sesuai keinginan anda. Ada banyak software yang bisa digunakan untuk mendesain sirkuit, kalau saya menggunakan eagle, karena mudah dan free. Untuk profesional bisa pakai altium designer.

Designing PCB with eagle

Tips : lebar jalur jangan terlalu kecil, untuk menghindari jalur mengelupas/terputus saat merendam kertas dan proses lainnya. kalau lebar jalur sirkuit saya 0.9 mm

Jika sudah desain, print menggunakan printer laser dan kertas PCB/kertas glossy/kertas biasa. Jika tidak punya printer laser, print di kertas biasa dan fotokopi di kertas hvs biasa saja. (tukang fotokopi menolak untuk fotokopi dengan glossy paper)

Kalau saya sih fotokopi ke kertas hvs biasa, soalnya ga nemu printer laser 😦

2. Bersihkan PCB

Bersihkan PCB dari noda/debu dan biar kinclong. Bisa pakai sabut cuci stainless.

source : kliping.ripiu.info

3. Salin sirkuit ke PCB

Pastikan kertas sudah tercetak menggunakan toner/printer laser. Potong sesuai ukuran, lalu tempelkan kertas dengan muka (yang bergambar sirkuit) menghadap PCB lapisan tembaga. Jika sudah, setrika secara merata. Proses setrika adalah yang paling penting

Heating PCB

Tips : Gunakan setrika ketika lampu indikator sudah mati (berarti setrika sudah panas) dan gunakan temperatur yang paling maksimum (biasanya untuk wool). Gunakan selotip agar kertas tidak berpindah dari tempatnya saat disetrika.

Setrika hingga jalur-jalur terlihat tembus dan kertas menempel sepenuhnya dengan PCB. Kalau perlu gunakan kain sebagai perantara untuk mencegah pcb terlalu panas atau setrika tergores ujung papan.

4. Rendam PCB

Seperti yang terlihat pada ilustrasi PCB making toner method, rendam kertas di dalam air (hangat supaya cepat). Biarkan saja hingga kertas mengelupas, dan hanya tersisa toner yang menempel pada lapisan tembaga.

Merendam PCB

Tips : Kalau kertasnya tidak terlepas sendiri, bisa dikupas pakai tangan bagian putihnya dan jangan terlalu kencang. Toner yang basah dapat terkelupas.

Merendam PCB

DSC_0031

5. Tambal jalur terputus

Sebelumnya, potong dulu papan sesuai ukuran PCB. Potong menggunakan gergaji penggaris (buat paralon) dan supaya pinggirnya halus, gunakan ampelas kasar.

Kemudian, jika ada jalur yang terputus karena toner tidak melekat sempurna, tambal menggunakan spidol permanen.

Tambal jalur terputus

Tips : Tunggu pcb benar-benar kering, baru warnai dengan spidol. Jangan mewarnai terlalu keras, yang penting tebal

6. Etching

Etching atau etsa diperlukan untuk membuang lapisan tembaga yang tidak dipergunakan sebagai jalur. Anda bisa beli serbuk FeCl3 (Feri Cloride) yang dijual bebas di toko kimia seharga sekitar 6000 setiap seperempat kilogram. Masukan serbuk ke wadah plastik/kaca jangan logam karena akan teroksidasi oleh larutan FeCl3. Masukan air hangat secukupnya agar cepat larut serbuknya.

Larutan FeCl3

Tips : Gunakan sarung tangan. Jangan diminum. Komposisi terlarut – penglarut kira-kira saja, tapi jika terlalu sedikit FeCl3 membuat waktu etsa semakin lama.

etsa PCBDSC_0038

Rendam PCB, goyang-goyangkan agar semua muka PCB terendam. Harap sabar menunggu lapisan tembaga mengelupas. Gunakan tusuk sate atau semacamnya untuk menggoyang-goyangkan PCB. Dapat dilihat di gambar diatas, lapisan PCB yang tembaganya sudah mengelupas akan berubah warna menjadi pekat (tidak mengkilap)

7. Menghilangkan toner

Nah sampailah pada saat yang ajaib, membuang toner. Gunakan sabut cuci stainless untuk menghilangkan bagian toner yang tertempel pada PCB. Bisa juga memakai abrasive paper yang paling halus.

 PCB sebelum digosok

PCB setelah digosok

VOILA ! PCB anda telah jadi !! tinggal melubangi tempat komponen deh 🙂

eh eh tunggu dulu, ada yang kurang

8. Check

Cek jalur pada PCB. Kalau anda lihat PCB saya sebelah kiri bawah ada jalur terputus. Setelah saya cek pakai multimeter, total ada 4 jalur terputus. Karena saya pikir akan repot kalau menambah kabel jumper, so I decided to start all over. hehehe

===============================================================================================

Second attempt !

PCB

Sebetulnya penambalan jalur dengan spidol marker bisa dilakukan di kertas hvs sebelum proses setrika. Dan hasilnya lebih baik

DSC_0043

Merendam PCB

DSC_0050

Di bagian ini saya menambal jalur terputus dengan sangat tebal, supaya tidak mengulang kesalahan. hehe

DSC_0051

DSC_0053DSC_0054

Etching again.. saya pakai larutan yang bekas sebelumnya dan jadinya tembaga mengelupas hampir sejam -_- mungkin karena larutan sudah dibiarkan diam tanpa ditutup.

DSC_0055DSC_0056DSC_0057

Daaaaaaaan

PCB ATmega8 minimum system HOMEBREW

Jalurnya terlihat lebih rapih kan? 🙂

Selanjutnya saya melubangi PCB ini. Dan ini pekerjaan yang tidak mudah juga karena susah untuk membolongi sederet dengan sangat rapih. Mata bornya lari kemana-mana.

DSC_0420

Alhamdulillah, berhasil juga. Setengah jam untuk membolongi PCB, sambil nonton Persib

Nice (1)

Terus tempel deh komponennya !!! dan seperti yang saya duga, menyolder selalu menjadi bagian yang paling sulit. Apalagi di bolongan komponen PCB homemade ini tidak ada ring yang biasanya membuat timah menempel. Alhasil timah menempel di solder dan sulit melekat ke jalur 😦

Berikutnya adalah tahap paling menegangkan. Mengecek development board yang sudah jadi.. hufft

Ada beberapa timah yang tidak menempel sih awalnya, tapi untungnya setelah diperbaiki, dev board berfungsi ! saya coba untuk membuat LED flip-flop aja, hehe

ATMega8 development board homemade

DSC_0061

So this is ! adhitya7 ATMega8 dev board ver 1.0

ATMega8 development board homemade

link berguna : 1 2

Advertisements

4 responses to “Membuat PCB Sendiri !

  1. Pingback: Interfacing Android With Microcontroller | Adhitya Reza·

  2. Pingback: Yuk, Bikin Antena TV Sendiri ! | Adhitya Reza·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s