Bandung hits masa kini : Tebing Keraton

Mumpung lagi hits, biar wordpress juga makin hits, saya akan posting tentang perjalanan bersama beberapa (( alumni )) EL10 dan EP10 hari senin kemarin. Kemana tujuan kami? tidak lain tidak bukan bukit yang sedang ramai diperbincangkan di media sosial, sampai-sampai disebut bukit instagram atau bukit hits : Tebing Keraton. Pastinya kita udah bosen dengan Lembang (walaupun masih banyak Surga terpendam), atau kalo orang Bandung udah males lah ya belanja-belanja ala-ala fo,mall,dsb kecuali ee duit. Nah ini tempat mungkin tepat untuk anda kunjungi saat kantong kosong kalipun. Ini foto saya ambil dari (klik gambar)

Pastinya anda tak percaya kalo pemandangan itu bisa didapat tidak jauh dari Bandung. Tepatnya hanya 7 kilometer dari terminal Dago.

Karena banyak yang japri setelah saya post foto-foto di facebook, saya berbaik hati membuat postingan ini he he. Tak perlu anda repot-repot mencari directions lewat google map karena ga bakal muncul. Wajar karena tempat ini baru ‘ditemukan’ atau lebih tepatnya dipopulerkan oleh artis-artis instagram beberapa bulan terakhir. Ada 2 checkpoint untuk sampai ke tebing keraton yaitu Taman Hutan Raya Juanda dan Warung Bandrek. Tak perlu repot-repot pula mencari warung ini di google map karena anda akan dibuat nyasar sampe Garut. Tahura pun cukup anda melihat plang dari terminal dago akan sampai, karena google map tidak memberi jalan yang benar ke tahura kalipun.

Coba lihat peta di bawah..

Rute ke tebing keraton

Rute ke tebing keraton

Nah udah tuh tinggal ikutin peta. Mungkin ada yang salah, tapi yang pasti checkpoint pertama ke tahura dulu aja, jalannya mulus aspal. Lalu abaikan tahura, lurus terus hingga ketemu pertigaan pertama ambil kanan hingga ada pungutan warga sekitar. Cukup 2000 sahaja. Nah mulai dari sini anda harus bersiap karena jalannya gak cerdas, batu semua. Ketemu aspal dikit, bebatuan sudah menanti. Untuk motor jangan ambil jalan di pinggir kiri/kanan yang lebih rata, karena tanahnya cukup licin. Kalo jatuh bisa ke jurang, jadi cukup nikmati jalan bebatuan.

Begitu sampai di warung bandrek (3 kilo dari Tahura) maka terus saja lurus hingga pertigaan lagi, belok KIRI. Lalu tinggal ikutin jalan deh. Setelah persimpangan terakhir sebelum tebing keraton hingga spot parkir, jalan cuma cukup satu mobil dan nanjak cukup ekstrim serta tentunya jalan tanah berbatu-batu.

Parkir Tebing Keraton

Jalan menuju tebing keraton

Untuk yang nanya bisa pakai mobil atau tidak, saya melihat avanza dan yaris terparkir dengan tenang. Jadi cukup berhati-hati saja. Setelah sampai parkiran, jalan dikit…

Jalan ke tebing keraton

Rombongan Tour De West Java

Sampailah anda di ujung bukit a.k.a tebing keraton

Sore Di Tebing Keraton

Spot Foto Tebing keratonSpot foto dengan view terbaik disini sangat sedikit. Jadi jika sedang ramai yaa, harus ngantri. Tapi satu pesan saya : HATI-HATI di ujung tebing ini. Waktu saya kesana banyak remaja dan muda-mudi yang entah memang fotografer profesional yang mencari tempat terbaik/ekstrim atau hanya sok-sok an  keren berani duduk di batu paling ujung. Yang jelas, kepeleset dikit aja, jatoh, mati. Di samping-samping ada pager, tapi di ujung ga ada. Jadi sekali lagi hati-hati apalagi kalo rame.

Nah beberapa tips kalo kesini :

  1. Perginya pagi hari supaya ga backlight sehingga pepohonan bukit pemandangan terlihat jelas. Kecuali memang mau foto siluet.
  2. Pergi pagi, untung-untung ada kabut seperti di foto pertama. Tapi gatau itu ngambil darimana.
  3. Hindari berkendara di saat gelap karena gaada penerangan jalan.
  4. Jangan sekali-kali berkendara saat hujan, bahaya.
  5. Untuk pemotor, pastikan rem tidak blong. Kecuali anda mau seleksi xtc.
  6. Pelan-pelan aja di bebatuan, ntar ban slip/bocor (curhat). Tambal ban terdekat tidak dekat, percayalah.
  7. Bawa tongsis dan atau tripod.
  8. Segera check in di path setelah sampai tebing keraton.
  9. Jangan lupa upload foto ke instagram, aktifkan location, caption pake hashtag.
  10. Waktu saya kesana sih ada yang botram piknik gelar tiker di rerumputan yang bergoyang. mungkin asik karena tebing keraton belum ramai pengunjung.
  11. Jangan ragu untuk BERTANYA pada WARGA SEKITAR.
  12. Dan tips terakhir : buruan kesini sebelum rame. tempatnya kecil, tukang makanan aja baru satu. Dan sebelum tebingnya longsor, jangan sampe sih. hahaha selamat jalan-jalan !

Aim, smile, shoot !Tebing Keraton Bandung

Amazing Tebing Keraton

Advertisements

42 responses to “Bandung hits masa kini : Tebing Keraton

  1. keren keren, pengen deh kesana
    tapi gua mblo tak berkawan yang tipe petualang hahahha (cedih)

    (follow blog gua dong,,hehehe lagi belajar ngeblog)

  2. bisa dijangkau pake angkot ga bro? naiknya angkot apa ya? hehe (bukan orang bandung). kalo ke dalemnya mungkin ngojek gitu ada ga? hehe

    • wah, mas Edwin pertanyaannya sama dengan saya haha. saya sama 2 teman pengen coba jalan kaki ke sana. Pengen tau angkot terakhir yang bisa dinaikin apa sebelum berjuang ‘hiking’ 🙂

      • bisa pakai angkot sampai terminal dago. Tapi dari terminal dago jaraknya masih 7 km lagi dan ga ada angkutan umum

  3. terima kasih sudah berkunjung ke daerah wisata kami. semoga bermanfaat. jikalau akan kembali dan butuh info mengenai kota kami (bandung), mari bisa saya temani dan antarkan.
    terima kasih,

    bandung creative city forum
    gani nugraha,

    7DD1F65C
    081214802117

  4. kereeeeeeeen memang, last wiken ( 13/9/14) sy kesana bersama seorg teman, kami emak2 jomblo karena suami kami baru pulang sabtu sore. So, kami berdua ngebolang dengan sejahtera karena pagi2 anak2 kami di sekolah :). Haha…pas di jalan yg gak manusiawi, sy ga brani nyetir si Blacky (nama Beat hitam saya), lalu ibu Tami (nama teman sy)langsung berinisiatip mendorong si Blacky. Alhamdulillah, perjuangan kami berbuah manis. Sampailah kami di Tebing Keraton yg indah dan mengagumkan sekaligus mengerikan kalo jatuh, hihhihiyyy…harus pagi sih kalo mau dapat view bagus atau sore seperti yg mas bilang di blog ini. Subhanallah….indah sekali. Allah maha besar, karya2Nya sangat mengagumkan, kita rasanya sangat kecil dihadapanNya. Pengen kesana lagi sih, tapi…..kapan ya? Mas, makasih reviewnya ya…..

  5. Mas bagi orang yang ga punya mobil pribadi atau motor pribadi gimana ya jalan dari Tahuranya? Kita bisa sewa ojek atau gimana? Nuhun ya

  6. Pingback: 24 Destinasi Wisata Kota Bandung Yang Tersembunyi | Sistalisius·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s