Kerja Praktik, 1 month passed

Sudah sebulan lamanya (20 hari kerja) saya menjalani kerja praktek di PT Xirka Silicon Technology . Demi menghindari anti wacana, saya bikinlah tulisan ini di hari ke 21. Singkat cerita, Xirka ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang IT, (mungkin) masih startup karena baru beberapa tahun berdiri, dan director of technology dari Xirka ini adalah seorang dosen STEI yaitu Pak Trio Adiono. Kalo menurut website nya, Xirka ini mengembangkan System on Chip (SoC)  untuk Broadband Wireless Access (BWA). Standar SoC yang dikembangkannya adalah untuk jaringan generasi ke-4 (4G) yaitu untuk teknologi WiMAX.

Namun sesuai dengan timeline di websitenya juga, untuk tahun 2013 ini Xirka sedang fokus pada Smart Card yang memiliki teknologi Near Field Communication (NFC). WiMAX nya sendiri juga saya ga ngerti udah sampai tahap mana, mungkin udah ga dikembangin gara-gara teknologi WiMAX di Indonesia yang suram karena berbagai sebab, plus LTE yang lahir belakangan nampaknya lebih prospek secara LTE adalah jaringan seluler dan lebih menggiurkan para operator telekomunikasi. Buat yang mau baca tentang WiMAX di Indonesia silakan baca tentang WiMAX dulu disini terus baca tentang Sitra Wimax nya First Media disini. Kalau tentang 4G di Indonesia saat ini bisa baca disini.

Oleh karena itulah yang dikerjakan oleh para engineer di Xirka sekarang adalah ngoprak-ngoprek tentang NFC baik dari hardware tag-nya (which is smart card) dan juga dari software untuk membaca tag tersebut yang juga lagi saya lakukan selama satu bulan terakhir dengan device ber sistem operasi android. Buat yang belum tau tentang NFC, silakan baca wikipedia lalu eksplorasi dengan google. Sudah tau tentang RFID kan? nah mirip-mirip lah, sama-sama radio identification, NFC itu pengembangannya atau biasa disebut high frequency RFID.. Yang sudah pernah jalan-jalan ke luar negeri terus melihat orang sana ga bayar waktu naik Bus atau MRT lain, nah itulah salah satu implementasi teknologi RFID, bayarnya ga pake duit langsung di Busnya tapi pake kartu, cuma ada suara tiit aja waktu dideketin ke readernya.

Jadi apa bedanya RFID dengan NFC? just short answer : kalau teknologi RFID itu reader ya reader, tag ya tag. Komunikasi datanya pasif. Sedangkan NFC device bisa sebagai reader sekaligus tag, dan ini memungkinkan komunikasi peer to peer. Kalau di hape mahalmu,  “android beam” namanya.  Samsung yang bisa cuma Galaxy S4 (7 juta) atau Note 2 (7 juta). Mahal ya teknologi. Nemuinnya lebih mahal bro bro.

Kembali ke Xirka, jadi di Xirka Bandung yang mana adalah tempat RnD, selain mengembangkan hardware mengembangkan juga softwarenya. Awalnya saya tertarik untuk belajar bagaimana NFC tag alias smart cardnya, namun karena mhs intern yang dibutuhkan adalah untuk pengembang aplikasi android, akhirnya saya kecemplung lah di kegiatan ngoding mengoding seperti anak IF. Awalnya saya merasa yakin-yakin aja karena Alhamdulillah sudah lulus Algoritma Struktur Data, Sistem Mikroprosesor, dan Perancangan Sistem Embedded. Tapi ternyata programming android tidak semudah yang anda bayangkan, apalagi Metode Object Oriented Programming dengan bahasa Java yang benear-benar baru buat saya.

Jadi, project yang harus saya kerjakan selama KP adalah membuat program untuk sistem event ticketing. Berbekal laptop dan koneksi internet, akhirnya program saya rampung dan sudah bisa anda dapatkan di play store

aplikasi Terima kasih doanya. Sekian laporan dari saya. Untuk laporan lebih teknis (kalo2 penasaran) semoga bisa diakses secepatnya

 

Advertisements

3 responses to “Kerja Praktik, 1 month passed

  1. Pingback: NFC untuk e-ticketing | Adhitya Reza·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s