PSY – 강남스타일

Image

Tanpa perlu belajar Hangul, pasti anda sudah bisa menebak arti dari kata-kata diatas. Klip video berjudul “PSY – GANGNAM STYLE (강남스타일) M/V“ kini memang menjadi topik perbincangan di seantero dunia, bukan hanya oleh para penggemar K-Pop namun klip berdurasi 4 menit ini menarik perhatian dari berbagai kalangan penikmat dunia entertainment. Di tengah maraknya boyband dan girlband berparas menawan, justru sang penunggang kuda dengan postur tubuh dan paras biasa-biasa saja lah yang mampu memuncaki iTunes charts di 31 negara termasuk Amerika, Inggris, dan Kanada. 2 bulan sejak rilis dan diunggah ke youtube,tepatnya pada 15 Juli, video ini telah menarik perhatian lebih dari 250 juta viewers bahkan guinness world records menyatakan bahwa video ini adalah video yang paling banyak disukai (most “liked” video) sepanjang sejarah youtube.

Image

Tidak diperlukan kemampuan berbahasa korea untuk menikmati tarian gila si aktor utama. Irama lagu yang adiktif dan tempat-tempat PSY memacu kuda yang tak terduga membuat kita betah menonton klip ini berkali-kali. Ditambah lagi gerakan-gerakan dalam video ini mudah ditiru membuat kita penasaran untuk mencoba memeragakan Gangnam Style. Tapi sebelum anda menggoyangkan badan, apakah anda tau apa itu gangnam dan apa maksud videonya? Dan siapa sih sebenarnya rapper yang kini tiba-tiba melejit dengan gaya menunggang kudanya?

Gangnam District

Ternyata gangnam adalah nama sebuah kawasan di sebelah selatan Kota Seoul. Gangnam merupakan distrik makmur yang dihuni oleh orang-orang terkaya negeri sehingga menjadi simbol kekayaan dan ketimpangan sosial di Korea Selatan. Kekayaan ekstrim di Gangnam sering dibandingkan dengan Beverly Hills, California. Perusahaan-perusahaan besar dari Korsel termasuk Hyundai dan Samsung mempunyai kantor dan markas besar yang terletak di distrik ini. Pun dengan AMI korea, Google, dan IBM yang mempunyai kantor di Yeoksam-Dong (Kawasan gedung tinggi di Gangnam). Tidak sedikit juga pejabat pemerintah dan artis terkenal Korsel yang mempunyai rumah di Distrik Gangnam.

Ada yang mengatakan bahwa tingkat ekonomi menentukan tingkat pendidikan seseorang. Ternyata hal ini berlaku di Seoul. 41% mahasiswa kampus nomor wahid di Korea Selatan, Seoul National University, berasal dari Gangnam. Fakta lainnya mengatakan bahwa 90% salon kecantikan di Kota Seoul terletak di Distrik Gangnam

Image.

Park Jae Sang

Itulah nama asli dari PSY, si aktor yang menjadi daya tarik utama di video klip. Siapa sangka pria 34 tahun yang pernah didenda US$ 4500 akibat skandal marijuanna saat debutnya, bisa mengajari Britney Spears bagaimana caranya “ tarian tunggang kuda”. PSY melakukan debutnya pada 2001 dengan album  berjudul From the Psycho World! 3 huruf dari psycho menjadi nama panggungnya kini. Mendapat kontroversi di beberapa album, akhirnya PSY dapat melejit di album keenamnya  PSY’s Best 6th Part 1dengan lagu Gangnam Style yang sukses mendunia. PSY mengaku bahwa kesuksesannya karena jiwa dan perilaku. Dia memiliki gaya yang unik dan selera humor yang bagus sampai-sampai pernah dijuluki bizarre singer (penyanyi aneh). Beberapa sumber mengatakan PSY adalah salah satu warga Distrik Gangnam yang mana berasal dari keluarga kaya raya.

 Image

The Video

Setelah tahu apa itu Gangnam, tentu anda dapat menafsirkan sendiri apa maksud dari video klip ini. Beberapa adegan pada video diambil langsung dengan latar Distrik Gangnam diantaranya adegan dalam sauna saat PSY diapit dua pria bertato, dan adegan outdoor yoga session yang merupakan pemandangan biasa di Gangnam. Kehidupan mewah dan glamor khas Gangnam diperlihatkan oleh pemeran-pemeran pada video ini. Seperti kebanyakan video klip musik di negeri ini, Gangnam Style juga mengundang beberapa selebriti Korea Selatan yaitu Hyuna (4minute), Daesung dan Seungri (BIGBANG), dan Hwang Min Woo, bocah 5 tahun jebolan Korea’s got talent yang menari Gangnam di awal video. Lirik “Oppan Gangnam Style” pada corus lagu maksudnya Oppa (sebutan untuk laki-laki lebih tua) adalah seorang bergaya gangnam. Akhiran –n pada oppa mengartikan PSY menunjuk pada dirinya sendiri. Di video ini PSY berdandan mewah tapi bertingkah konyol. Dress classy, but dance cheesy.

Sudah terbayang apa maksudnya Gangnam Style? Jika belum, mungkin ini saatnya anda harus belajar bahasa korea dan tulisan hangul lalu mengartikan lirik yang dinyanyikan oleh Park. Jika sudah, inilah saatnya anda turun ke lapangan dan “menari tunggang kuda”. Oppa Gangnam Style !

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s