Penasaran sama DAT 2012?

DAT2012? Buah gagasan, ragam gerakan, dalam semangat, SATU ITB !

Tanggal 16-19 Januari 2012 kemaren dilaksanakan DAT 2012 bertempat di wisma Unisba Ciburial. Buat yang belum tau, DAT itu kepanjangannya adalah Diklat Aktivis Terpusat, sebuah program kerja dari kementrian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) Kabinet KM ITB. Jadi DAT itu sebuah kaderisasi terpusat ITB yang pesertanya perwakilan lembaga (HMJ, unit, Kabinet) kemahasiswaan yang ada di ITB. Dari web dat2012.wordpress.com , DAT 2012 punya 3 tujuan yaitu :

  1. Mencapai RUK tingkat 2 poin 2, 3 ,5
  2. Membangun kesadaran bergerak yang dilandaskan gagasan dan dilakukan secara konsekuen dalam semangat SATU ITB
  3. Mengembangkan karakter pemimpin

Bingung sama tujuan ini? Atau malah ga tau RUK itu apa? Santai, sebelum tau DAT juga saya ga ngerti-ngerti amat yang namanya RUK. Bakal saya jelasin di tulisan ini 🙂

Langsung aja ke acara DAT ya.. mungkin banyak yang berpikir bahwa diklat itu adalah dikasih tugas seabrek-abrek, disuruh baris, diagitasi siang malem. Nah buang jauh dulu pikiran itu. Dari kepanjangannya, yaitu pendidikan dan pelatihan, jadi ya menurut saya diklat itu proses penyelenggaraan belajar mengajar yang tujuannya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Di DAT juga ga ada yang namanya diagitasi dan dimarah-marahin. Jelas aja ga kaya gitu. Kita yang peserta DAT adalah perwakilan lembaga, yang sudah dikader di lembaga masing-masing. Kalo di osjur kita mau masuk lembaga, disini kita mewakili lembaga. Ga usah dimarah-marahin lagi karena seharusnya,  peserta DAT sadar bahwa mereka bertanggung jawab atas lembaga masing-masing. Termasuk saya bertanggung jawab ke Himpunan Mahasiswa Elektroteknik (HME).

Nah, bentuk penyampaian materi di DAT ini juga beragam. Mulai dari seminar, talkshow, simulasi, games, sampai mentoring. Pokoknya ga ngebosenin karena acara sudah dikemas sebaik mungkin dan pematerinya orang-orang hebat yang udah berpengalaman di kemahasiswaan.  Tapi karena namanya juga diklat aktivis, dan tujuannya seperti disebutkan diatas, jadi materi-materi di DAT ini juga menurut saya rada berat. Tentang pergerakan mahasiswa, realitas bangsa dan lain-lain yang “kajian banget” deh. Tapi ga masalah, disamping pentingnya materi, saya punya tujuan menambah kenalan, mencari koneksi satu ITB. Saya sadar kalo materi itu ga akan bisa saya serap 100% dan ga akan bisa saya sampaikan 100% juga, apalagi lewat tulisan.

Nah sekian dulu pendahuluan. DAT nya sendiri bagaimana akan ditulis di post yang berlainan ya, biar ga pusing bacanya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s