Definisikan, lalu tentukan jalanmu menjadi aktivis

Untuk Tuhan, Bangsa, Dan Almamater

Salam Ganesha menutup sambutan dari Presiden Kabinet KM ITB, Tizar, sekaligus membuka DAT 2012 Senin 16 Januari. Semangat, semangat, semangat aktivis ! orang-orang yang ngomong di depan -panitia- terus memotivasi peserta DAT, para aktivis. Eh? Sudahkah menjadi aktivis? Atau kalau udah alumni DAT baru menjadi aktivis? Emang aktivis sebenernya apa sih? Nah hari pertama sebelum ke wisma nginep 3 malem, peserta DAT ngebahas dulu apa itu aktivis bersama kelompok dan mentornya masing-masing. Peserta melakukan lingkar wacana dan mendiskusikan tentang definisi aktivis. Kita bukan menyamakan pandangan. Kita bukan mencari arti saklek aktivis itu apa. Tujuan dari diskusi adalah sharing tentang pengertian aktivis menurut masing-masing.

Saya menyampaikan essay yang sudah dibuat sebelumnya mengenai aktivis. Isinya begini..

Aktivis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah orang (terutama anggota organisasi politik, sosial, buruh, petani, pemuda, mahasiswa, wanita) yang bekerja aktif mendorong pelaksanaan sesuatu atau berbagai kegiatan di organisasinya. Definisi itu adalah definisi kbbi, bukan definisi yang diketahui banyak orang. Banyak juga orang yang salah mengartikan aktivis sebagai orang yang kerjanya ikut organisasi sana-sini, menentang penguasa, melakukan demonstrasi yang cenderung anarkis. Ini merupakan pemahaman yang salah, namun itulah yang terlihat dari luar. Itulah yang dapat diartikan sebagai aktivis oleh orang awam setelah melihat aksi demo di tv, koran, dan media lainnya. Wah yang diumbar oleh media lebih banyak yang buruknya, jarang saya liat kegiatan positif mahasiswa di ekspos di media. Kalau iya juga hanya sekedar lewat. Untuk meluruskan ini, saya akan berbagi pandangan saya tentang aktivis.

 Definisi dari kbbi sebenarnya sudah menggambarkan apa itu aktivis di benak saya. Yang lebih saya tekankan disini adalah pendapat saya tentang aktivis mahasiswa. Kebanyakan orang awam berpikir aktivis mahasiswa identik dengan jarang kuliah, mikirnya politik, IPK rendah, dan telat lulus. Wah ini namanya terlalu mudah menggeneralisasi. Padahal yang disebut tadi adalah pilihan kepribadian, bukanlah konsekuensi logis jika menjadi aktivis. Toh banyak juga aktivis yang cum laude. Aktivis itu adalah karakter, panggilan jiwa.

Pada Tri Dharma Perguruan Tinggi disebutkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Jika sudah melakukan poin nomor 3, maka saya rasa seorang mahasiswa sudah menunjukan ciri-ciri aktivis.  Dengan membumi ke masyarakat dan atau melakukan hal positif untuk memelopori suatu perubahan ke arah yang lebih baik di tubuh masyarakat, maka itulah aktivis mahasiswa. Oleh karena itu saya rasa mahasiswa ideal adalah seorang aktivis. Yang harus dipilih sekarang tinggal kita mau menjadi aktivis yang seperti apa. Aktivis bekerja aktif di berbagai kegiatan di organisasinya. Organisasi, berarti perlu wadah untuk seorang aktivis menyalurkan semangat kontribusinya. Mahasiswa jelas punya peluang besar untuk berkecimpung di organisasi, paling ga himpunan lah.

 Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu seorang aktivis tidak mencari keuntungan. Apa kahim digaji, Presiden Kabinet digaji? Tidak bung. Lantas mengapa saya ingin menjadi aktivis? Ternyata banyak manfaatnya yang secara tidak langsung akan menguntungkan dalam jangka panjang. Aktivis selalu bergerak, selau berinteraksi. Konsekuensinya, jaringan luas dan soft skill jelas terasah. Karena bernaung dalam suatu wadah, aktivis juga punya kemampuan untuk manajemen organisasi. Menguntungkan kawan.. aktivis itu investasi masa depan. Keuntungan itu bisa didapat jika, tapi tidak hanya jika, kita menjadi aktivis. Kembali lagi ke pilihan kepribadian masing-masing.

Essay tadi saya sampaikan dalam beberapa kalimat. Bergiliran, semua menyampaikan pendapatnya.

Wah inilah aktivis. Orang-orang di sekitar saya orang yang kritis. Dari sharing saya bisa ngeliat apa itu aktivis dari berbagai sudut pandang. Beberapa pendapat kawan-kawan yang saya ingat :

  • Aktivis itu orang yang selalu ingin berbuat lebih untuk kepentingan bersama.
  • Aktivis adalah orang yang mendorong pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama dengan nilai-nilai kebaikan.
  • Aktivis adalah pelopor atau penggerak yang memicu perubahan ke arah yang lebih baik.

Dan masih banyak lagi. Salah seorang tiba-tiba nyeletuk, “berarti teroris pun aktivis”. Hmm ya saya setuju karena arti aktivis begitu luas. Jika kita berkata bahwa teroris tidak menanamkan nilai kebaikan, apakah iya? kebaikan itu sendiri masih abstrak, tidak ada parameter yang jelas sehingga dapat membedakan baik dan buruk. Ada lagi pendapat bahwa karena kita di Indonesia, nilai-nilai kebaikan bisa dibandingkan dengan konsensus dalam hal ini pancasila, dasar falsafah negara. Tapi saya kira itu masih subjektif. Untuk dapat mengartikan lebih baik dan objektif, saya rasa harus dikhususkan kepada aktivis apa. Misalnya aktivis mahasiswa, aktivis buruh, aktivis wanita, dan aktivis lingkungan. Dengan itu maka “tujuan bersama” menjadi lebih jelas seperti mahasiswa yang memperjuangkan hak mahasiswa dan berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi, aktivis wanita yang concern terhadap marginalisasi terhadap perempuan, atau aktivis lingkungan yang menyelamatkan lingkungan.

Akhirnya, yang dapat saya simpulkan dari lingkar wacana : aktivis adalah orang yang menjadi motor pergerakan dalam suatu wadah untuk melakukan perubahan dengan nilai-nilai kebaikan demi mencapai tujuan bersama.Tujuan bersama dan nilai kebaikan ini ditentukan kemudian sesuai jalan aktivis yang dipilih. Akhir kata, aktivis sebuah keharusan, bukan pilihan.

beberapa referensi :

http://www.scribd.com/doc/32147489/18233706-Aktivis-Gerakan-Mahasiswa-Indonesia

http://www.bemtpbipb.com/4/post/2011/4/10-ciri-aktivis.html

Advertisements

2 responses to “Definisikan, lalu tentukan jalanmu menjadi aktivis

  1. Pingback: Nasib mu Aktivis |·

  2. Pingback: Blognya Nasib mu Aktivis·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s