Robot Pemadam Kebakaran

Kebakaran. Kecelakaan atau keteledoran? Terlepas dari penyebabnya, kebakaran tentu hal yang merugikan karena si jago api menghanguskan barang-barang bahkan bisa menimbulkan korban. Kebakaran sering terjadi tiba-tiba, dengan berbagai penyebab contohnya lupa mematikan api lilin atau api kompor. Nah, itu merupakan keteledoran kita. Bagaimana dengan hubungan singkat arus listrik? bahasa kerennya short circuit, bahasa gaulnya konslet. Konslet bisa terjadi tiba-tiba dan bisa menimbulkan percikan api yang menyebabkan kebakaran. Bila hal ini terjadi tentu saja kita harus langsung menelpon pemadam kebakaran. Masalahnya, butuh waktu cukup lama untuk menunggu mobil pemadam kebakaran sampai di lokasi. Maka, tak heran jika kemudian dicari berbagai alternatif cara untuk mengatasi persoalan ini. Salah satunya yaitu dengan menciptakan robot pemadam kebakaran.

Sebuah perusahaan bernama Chula Vista di California bekerja sama dengan InventHelp membuat robot pemadam kebakaran yang diberi nama Fire Robot. Teknologi yang ditanamkan pada robot ini diharapkan dapat mengurangi jumlah korban jiwa dan harta akibat kebakaran.

 Fire Robot yang dilengkapi dengan pompa air berkapasitas 3000 gallon air per menit ini akan menyemprotkan air dan  zat kimia untuk memadamkan api. Selain itu, robot ini juga memiliki enam saluran untuk memancarkan air, pompa  penekan yang berisi zat kimia pereda api, empat saluran pemancar untuk menyalurkan zat kimia, tiga pompa air  penekan, dan memiliki serangkaian kamera video serta lampu khusus.

Robot berbentuk mirip tank militer ini dikendalikan dengan remote kontrol berbasis satelit. Dengan remote kontrol ini kita dapat menggerakan robot, kamera, mengoperasikan pompa, arah, dan tekanan air. Kita juga dapat melihat output kamera dari empat monitor. Sistem penggerakan robot ini digerakkan oleh motor diesel, 12 silinder dan sebuah pemancar.

Robot itu kan punya Amerika. Bagaimana dengan Indonesia? Kita juga mempunyai robot pemadam api sendiri yang lebih sederhana namun ciptaan anak bangsa. Pada kontes robot internasional the 18th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2011 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat tim robot ITB berhasil mendapat juara pertama karena robot cerdas pemadam api buatan mereka. Robot ini merupakan robot yang dapat mencari keberadaan titik api dalam ruangan yang terdiri dari beberapa kamar. Karena itu robot ini bisa digunakan sebagai robot pemadam kebakaran.

Untuk membuat robot cerdas pemadam api perlu mempertimbangkan komponen-komponen yang akan digunakan seperti mikrokontroler, sensor, aktuator, dan rangka yang tepat sesuai dengan kondisi arena. Selain itu juga infra merah,photodiodaphototransistor dan photoreflektor. Alat-alat inilah yang mendukung robot pemadam api ini bekerja sesuai dengan fungsinya.

Sistem kerja robot diawali dari tone detektor yaitu mendeteksi sinyal suara 3,5 KHz. Kemudian  robot akan bergerak, maju, belok kanan ataupun kiri berdasarkan perbandingan jarak dari  pendeteksian ketiga sensor. Robot akan mendeteksi adanya kamar jika robot tersebut  mendeteksi adanya pita putih, dan untuk mengetahui adanya api digunakan photodioda  dengan maksud robot dapat mendeteksi tanpa harus berputar menghadap kamar. Setelah  photodioda mendeteksi adanya api, untuk mengetahui kamar berada di posisi kiri atau kanan  robot akan mendeteksi perbandingan halangan di samping kanan dan kiri.

Untuk mencari letak lilin (sumber api) dalam kamar secara acak digunakan flame navigator.  Setelah robot berada pada posisi di depan titik api dengan phototransistor kanan dan kiri  sama, maka proses pemadaman dilakukan dengan cara memberikan pulsa high pada aktuator kipas. Robot akan kembali ke pada posisi semula jika sudah memadamkan titik api.

Inovasi-inovasi ini tentunya diharapkan bisa mengurangi dampak buruk kebakaran. Namun, cara paling efektif tetaplah dengan membangun kesadaran untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya kebakaran.

Advertisements

2 responses to “Robot Pemadam Kebakaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s