Warriors Of The Net

Warriors of the net. Begitulah judul film animasi yang berdurasi 13 menit dan dapat anda saksikan di youtube  

. Film ini bertemakan jaringan komputer dan menceritakan tentang perjalanan paket data, mulai dari komputer asal, menuju web server dengan melewati router dan proxy lalu kembali lagi ke komputer asal. Dengan animasi 3 dimensinya, penonton dipermudah memahami prinsip dasar TCP/IP.

Disini kita diperkenalkan dengan TCP packet, ICMP Ping packet, UDP Packet, Router, dan Router Switch.

  1.  TCP atau  Transmission Control Protocol adalah salah satu protokol inti dari Internet Protocol Suite. TCP merupakan salah satu dari dua komponen asli, melengkapi Internet Protocol (IP), dan karena itu seluruh paket sering disebut sebagai TCP / IP. Yang dimaksud protokol adalah perangkat lunak untuk menghubungkan antarkomputer dalam sebuah jaringan sehingga dapat melakukan komunikasi data. TCP diandalkan aplikasi besar internet (WWW, email, remote administration) sebagai pengirim aliran data byte (data stream service).
  2. UDP atau User Datagram Protocol adalah protokol yang mendukung komunikasi tanpa koneksi antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. UDP adalah protokol yang ringan dibandingkan TCP. UDP tidak bisa buffering dan tidak menyediakan mekanisme segmentasi data yang besar ke dalam segmen-segmen data, seperti yang terjadi dalam protokol TCP. Karena itulah, protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas UDP harus mengirimkan data yang berukuran kecil. Perbedaan mendasar TCP dan UDP bisa dijelaskan dari gambar berikut Versus
  3. Ping adalah utilitas dari jaringan komputer yang digunakan untuk menguji ketersampaian sebuah host pada Internet Protocol (IP) jaringan dan untuk mengukur waktu pulang-pergi untuk pesan yang dikirim dari host asal ke komputer tujuan. Ping bekerja dengan mengirimkan Internet Control Message Protocol (ICMP) permintaan paket ke host target dan menunggu respon ICMP. ICMP berbeda dengan TCP dan UDP. ICMP tidak digunakan untuk pertukaran data antar sistem. ICMP menyampaikan pesan.
  4. Router adalah perangkat yang meneruskan paket data jaringan bersama. Router terhubung dengan setidaknya dua jaringan, umumnya dua LAN/WAN atau satu LAN dan jaringan ISP nya. Router terletak di gateway, tempat di mana dua atau lebih jaringan terhubung. Router menggunakan header dan tabel forwarding untuk menentukan jalur terbaik untuk meneruskan paket-paket, dan mereka menggunakan protokol seperti ICMP untuk berkomunikasi satu sama lain dan mengkonfigurasi rute terbaik antara dua host.
  5. Switch. Pada jaringan, perangkat berupa filter dan paket antara segmen LAN. Switch beroperasi pada lapisan data link (layer 2) dan kadang-kadang lapisan jaringan (lapisan 3) dari OSI Reference Model dan karena itu mendukung protokol paket. LAN yang menggunakan switch untuk bergabung ke segmen yang di tentukan untuk mengaktifkan LAN atau, dalam kasus jaringan Ethernet, Ethernet LAN diaktifkan.

1.Routers adalah titik akhir jaringan sementara switch tidak.
2.Routers memiliki kemampuan yang lebih maju dari switch.
3.Routers dapat memiliki WiFi sementara switch tidak
4.Routers biasanya berisi switch.

 

Nah itu adalah pengenalan komponen-komponen pada jaringan. Mari kita lanjut ke isi film warriors of the net. Pertama user mengklik sebuah link (tautan) di dalam internet, informasinya berupa bit-bit data dalam biner ke dalam sebuah “mail room” yang kemudian disebut dengan TCP packet.  Mail room ini ukuran yang terbatas. Pada transport  layer maka data request akan dipotong atau diperkecil karena terbatasnya ukuran yang bisa dikirim oleh jaringan. Pada transport layer ini data akan dilengkapi dengan IP Address dan Proxy  setelah itu data akan disalurkan ke dalam jaringan oleh Physical layer setelah terlebih dahulu melewati firewal.

Paket-paket tersebut kemudian masuk ke Local Area Connection (LAN). LAN mengkoneksikan beberapa komputer dalam satu area lokal agar dapat saling mentransfer data. Router menempatkan paket pada jalurnya masing-masing dan paket tersebut bergabung dengan paket-paket lain dalam satu lokal, namun dalam perpindahannya bisa ada paket yang rusak atau bertabrakan. Selain itu, paket data yang memilki proxy untuk mengakses situs terlarang akan dihancurkan.

Setelah melewati LAN setiap paket data akan melalui router yang menentukan dimana data tersebut dibutuhkan dan jalan pintas untuk menujunya. Setelah paket data meninggalkan router mereka membuat jalan menuju corporate internet dan selanjutnya menuju ke switch. Switch pada pengirimana data prosesnya sangat cepat berdasarkan ip. Setelah paket data menuju ke tempat tujuannya mereka akan berhenti di network interface untuk dikirim ke level selanjutnya yaitu proxy. Proxy digunakan oleh banyak perusahaan atau lembaga lain untuk menjaga keamanan paket data. Kemudian proxy akan melihat alamat website yang dituju apakah diijinkan atau tidak. Jika alamat website tersebut diijinkan maka paket data akan dikirimkan ke internet. Apabila sebaliknya maka paket data tersebut akan dihancurkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s